Get Adobe Flash player

Internet adalah Mall

Istilah domain dan hosting sering kita dengar di internet karena syarat mutlak adanya sebuah website adalah memiliki kedua komponen tersebut. Selain itu juga terdapat istilah bandwidth dan script yang juga sebagai penentu adanya sebuah website.

Namun apabila kita berbicara dengan orang yang awam tentang dunia internet tentunya cukup sulit untuk menjelaskannya karena kita harus berpanjang lebar menjabarkan satu-persatu uraiannya.

Untuk itu saya ada sebuah analogi tentang yang satu ini, berikut analoginya :

Domain

Kalau kita jalan-jalan ke sebuah mall tentu kita banyak melihat papan nama outlite atau toko yang terpampang di depannya. Papan nama itulah yang disebut dengan domain dalam dunia internet. Domain tersebut banyak sekali macamnya, ada yang berakhiran .com (dot com / lebih bersifat commercial), .co.id (dot co dot id / mengartikan country indonesia), .go.id (dot go dot id / mengartikan lembaga pemerintahan), dan masih banyak yang lainnya. Domain tersebut dapat kita tentukan sesuai dengan tujuan kita membuat suatu website.


Hosting

Berkaitan dengan jalan-jalan ke mall tadi, hosting ini adalah sebuah ruangan yang terdapat di dalam mall tersebut. Ruang tersebut sifatnya adalah sewa yang besarnya ditentukan dengan kemampuan kita untuk menyewanya. Semakin besar ruang yang kita sewa, semakin besar pula dana yang harus dikeluarkan.

Penyedia lahan tersebut bisa juga dianalogikan sebagai pemilik mall sehingga apabila kita ingin menyewa sebuah ruangan kita harus menyewa ke pemilik mall.

Bandwidth

Bandwidth dalam dunia internet dikenal sebagai trafik atau keluar masuknya data pada sebuah website. Sedangkan kalau kita analogikan pada sebua mall tadi, bandwidth tersebut adalah banyaknya orang yang keluar masuk ke sebuah toko. Apabila sebuah toko menyediakan satu macam produk saja dan hanya mempunyai persediaan terbatas perharinya, maka jumlah pembelipun juga akan tergantung dengan jumlah barang yang disediakan saja. Apabila barang sudah habis dan masih saja ada yang ingin membelinya, maka pembeli terakhir tidak dapat memperoleh barang yang ia inginkan.

Jadi kalau dianalogikan secara keseluruhan, di dunia internet terdapat sebuah mall besar yang didalamnya terdapat banyak sekali ruangan yang disewakan. Setelah kita menyewa sebuah ruangan, yang dibutuhkan selanjutnya adalah papan nama. Papan nama ini bersifat sewa yang dapat kita tentukan nama apa yang hendak dipakai.

Setelah ruangan dan papan nama sudah didapat, tentunya ruang tersebut masih kosong dan membutuhkan adanya etalase atau display untuk memajang barang dagangan. Etalase dalam ruangan tersebut dalam dunia internet disebut sebagai script.

Script tersebut bisa di dapat dengan cara membeli atau membuat sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila hendak membuat toko online, maka yang dibutuhkan adalah script toko online.

Segala macam kebutuhan tentang domain dan hosting dapat anda sesuaikan dengan website apa yang hendak dibuat.

Analogi tersebut merupakan analogi ringan tentang Domain, Hosting dan Bandwidth agar dapat memberikan gambaran tentang cara kerja sebuah website. Dengan begitu bagi orang awam yang sama sekali tidak mengerti dunia internet dapat memahaminya dengan mudah. ::.

2 komentar

  1. brijakartaveteran  

    27 Januari 2011 07.26

    terimakasih sahabat informatif sekali, salam

  2. Zanck  

    27 Januari 2011 15.09

    mmhh,, emank.. kaya mall BetuL sDah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Rekomendasi Bisnis

  • PT. Technopreneur Indonesia
  • Cari Jodoh
  • Bisnis Modal Ringan