Get Adobe Flash player

Komentar adalah 'Darah'

Komentar adalah darah bagi sebuah blog, dengan adanya komentar blog terasa hidup karena terdapat interaksi antara penulis dengan pembaca. Terlepas dari apa yang ditulis dan apa komentarnya tulisan tersebut cukup menggelitik pembacanya untuk meninggalkan komentar. Ini merupakan reaksi positif terhadap perkembangan blog itu sendiri.

Suatu blog akan terasa hampa bila tanpa komentar, seakan apa yang ia tulis dan ia sampaikan tidak ada yang merespon, entah itu respon positif maupun negatif. Hal ini apabila dihubungkan dengan sifat dasar manusia dimana eksistensi seseorang perlu mendapatkan perhatian maka tulisan pada blog tersebut tidak mendapatkan perhatian sama sekali.

Setiap seseorang membaca suatu tulisan pasti terdapat reaksi dalam pikirannya entah itu suka atau tidak suka, sependapat atau tidak sependapat. Reaksi inilah yang semestinya ditunjukkan dalam bentuk memberi komentar meskipun dengan singkat karena hal ini dapat digunakan sebagai tolok ukur kualitas tulisan tersebut.

Untuk itu dalam membuat tulisan pada blog agar dapat mengundang reaksi dari pembaca, ada beberapa yang perlu diperhatikan :


  1. Buat suatu tulisan dengan judul yang dapat membuat penasaran seseorang karena hal ini dapat mengundang minat seseorang untuk sejenak membaca tulisan tersebut.
  2. Buat suatu tulisan dengan ritme yang berurutan dimana artikel tersebut dapat menggambarkan urutan kejadian, entah itu waktu maupun langkah mulai dari awal hingga akhir dan tidak terbolak-balik yang menyebabkan adanya pengulangan dalam membacanya. Hal ini diperlukan agar dapat memberi kesempatan kepada pembaca untuk dapat menyusun reaksi terhadap tulisan tersebut.
  3. Buat suatu tulisan yang tidak mudah basi, dalam arti tulisan tersebut bukan hanya sekedar sebagai bahan informasi sesaat melainkan informasi yang masih diperlukan sewaktu-waktu dan lebih bersifat referensi.
  4. Buat suatu tulisan yang unik dimana tulisan tersebut jarang dijumpai, kalaupun tulisan tersebut sudah banyak di ulas pada blog lain, anda masih bisa membuat tulisan tersebut dari sisi lain ataupun dengan cara meringkas/me-resume/merangkum dari beberapa blog.
Dengan adanya komentar, blog lebih terasa hidup karena komentar merupakan ’darah’ bagi blog yang dapat membuat blog terasa lebih hidup, lebih interaktif, dan lebih komunikatif. Blog serasa berbicara dengan pembaca, dan pembaca seakan mendengarkannya.

Lantas, apa reaksi anda terhadap tulisan ini? ::.

1 komentar

  1. kang tatang  

    28 Januari 2011 20.37

    Setuju Gan :)
    komentar adalah sebuah bentuk silaturahmi :)
    salam

    Kang Tatang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Rekomendasi Bisnis

  • PT. Technopreneur Indonesia
  • Cari Jodoh
  • Bisnis Modal Ringan