Get Adobe Flash player

Membuat Tulisan di Blog

Pada dasarnya menulis sama halnya dengan berbicara. Namun perbedaannya adalah apabila sedang berbicara kita mengeluarkan apa yang ada di pikiran kemudian kita keluarkan melalui lisan. Sedangkan saat menulis kita menyalurkan apa yang ada di dalam pikiran kemudian kita keluarkan melalui tulisan dengan memberikan perintah kepada tangan untuk bergerak.

Kadang hal ini terasa sulit bagi yang tidak terbiasa karena menganggap membuat tulisan itu harus terpaku pada aturan baku standar penulisan. Saya rasa tidak harus seperti karena model tulisan baku hanya digunakan pada saat penulisan resmi seperti pada Skripsi ataupun Karya Ilmiah.

Seperti yang saya lakukaan saat ini, saya berusaha menyalurkan apa yang ada pada pikiran untuk saya tuangkan kedalam tulisan tersebut. Hasilnya bisa ada lihat bahwa tulisan semacam ini merupakan tulisan yang sangat sederhana tanpa ada aturan baku didalamnya. Namun saya berusaha untuk terus belajar menulis yang lebih baik dari tulisan sebelumnya.

Agar anda terbiasa dengan kegiatan menulis, ada beberapa cara yang bisa saya sampaikan :


  1. Cobalah dengan memulai membuat tulisan sederhana satu sampai dua paragrap dengan kata-kata yang bebas sesuai dengan apa yang anda dipikiran dan jangan ragu-ragu.
  2. Cobalah untuk menerapkan prinsip tulisan dengan memperhatikan 5W1H (What = Apa, Why = Bagaimana, When = Kapan, Who = Siapa, Where = Dimana, How = Bagaimana). Anda bebas untuk mengacaknya darimana akan dimulai. Pinsip inilah yang sering digunakan dalam dunia jurnalistik.
  3. Setiap membuat rangkaian kalimat, tanamkanlah dalam benak anda prinsip diatas.
  4. Dan tak kalah pentingnya, jangan lupa untuk membuat kata-kata penghubung diantara kalimat yang satu dengan kalimat berikutnya seperti kata, namun, setelah itu, sehubungan dengan hal ini, dan lain-lain.

Untuk menjelaskan langkah-langkah diatas, saya akan memberikan sedikit contoh tulisan yang memperhatikan prinsip diatas :

”Di internet banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan, mulai dari bacaan sederhana maupun informasi tentang teknik-teknik tertentu. Kita bisa mengetahui informasi apa saja yang kita butuhkan, seakan bumi ini ada di tangan kita. Apabila ingin mencari sesuatu kita tinggal memasukkan kata-kata tertentu maka muncullah informasi yang kita butuhkan. Siapa saja yang ingin mendapatkan informasi dapat mencarinya melalui internet.”

Kalau diperhatikan dari contoh diatas, pada kalimat ”Di internet banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan” bisa diartikan sebagai ”What = Apa” dan jawabannya adalah ”Internet”. Sedangkan pada kalimat  ”Apabila ingin mencari sesuatu kita tinggal memasukkan kata-kata tertentu.....” bisa diartikan ”How = Bagaimana” dan jawabannya adalah ”memasukkan kata-kata tertentu”. Pada kalimat ”Siapa saja yang ingin mendapatkan informasi....” bisa diartikan ”Who = Siapa” dan jawabannya adalah ”Siapa saja”.

Untuk memulai menulis tidak ada kata lain selain harus mencoba dan mencoba sesering mungkin menulis meskipun hanya sekedar tulisan biasa. Dengan begitu kita akan terbiasa mengucurkan pikiran kita kedalam suatu tulisan.

Kapankah kita harus memulai membuat tulisan? Sekaranglah saat yang tepat untuk memulai belajar membuat tulisan-tulisan sederhana. ::.

5 komentar

  1. ehm kommunika  

    12 Januari 2011 08.29

    txs share nya sob...jadi menambah pengetahuan nih....keep blogging....

  2. Computer Word  

    12 Januari 2011 23.07

    nice info gan, semoga ane jadi tambah suka nulis...ya walo di bawah kali ya...hehehe

  3. Entis Sutisna  

    13 Januari 2011 00.12

    makasih ka atas tipsnya...
    saya jadi teringat pelajaran Bhasa Indonesia denger kata 5W1H

  4. Kelpo  

    13 Januari 2011 02.57

    Tips yang bagus nih, lumayan untuk memperbagus tulisan blog :)

  5. warnatulisan  

    15 Januari 2011 11.47

    betul sahabat terkadang memang lebih sulit menuangkan sesuatu dalam bentuk tulisan, nice posting.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Rekomendasi Bisnis

  • PT. Technopreneur Indonesia
  • Cari Jodoh
  • Bisnis Modal Ringan