Get Adobe Flash player

Membuat Blog : Hobi atau Sensasi

Blogging memang merupakan aktifitas yang mengasikkan karena kita serasa punya sarana pribadi untuk berekspresi dan mengeksploitasi diri. Dengan blog, kita bisa bebas membuat kreasi sendiri dalam bentuk artikel, berita, catatan harian, foto, maupun tentang aktifitas lainnya.

Namun layaknya media lainnya, blog juga mempunyai norma dan etika yang berlaku secara sosial. Kita harus memperhatikan apakah artikel yang kita buat tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi karena hal ini dapat memicu terjadinya pergeseran nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku secara universal.

Penyaluran hobi melalui blog memang membuat kita terpacu untuk terus mengembangkannya. Suatu misal hobi kita membuat artikel, maka blog merupakan media elektronik yang sangat praktis karena kita bisa dengan mudah mempublikasikannya tanpa harus mengeluarkan biaya besar sebagaimana media elektronik maupun cetak pada umumnya.

Bisa kita bayangkan apabila kita mempunyai hobi menulis dan media penyebarannya hanya melalui koran, majalah, buku atau televisi, berapa besar biaya yang dikeluarkan. Jika dibandingkan dengan blog, maka praktis tidak ada biaya yang dikeluarkan apabila kita menggunakan layanan penyedia blog gratis seperti blogspot dan wordpress.

Dalam membuat blog kita harus pertimbangkan terlebih dahulu apakah ini sebuah hobi atau hanya sekedar sensasi belaka karena apabila hanya berdasarkan sensasi maka tak jarang suatu blog hanya berisi artikel hasil ’copy paste’ milik orang lain. Hal ini dapat mengkerdilkan intelektualitas dan kreatifitas diri sendiri karena tidak berusaha mengeluarkan potensi yang dimiliki.

Memang di internet banyak sekali artikel yang serupa pada beberapa blog tetapi bukan berarti artikel yang kita buat harus sama persis dengan apa yang ada. Dengan adanya beberapa artikel tersebut kita bisa menggunakannya sebagai bahan referensi pengetahuan untuk membuat artikel serupa tapi dari hasil tulisan sendiri atau dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini lebih berharga daripada hanya sekedar copy paste dari hasil tulisan orang lain yang sama persis.

Membuat blog apabila dilandasi dengan keinginan sendiri dan sudah merupakan sebuah hobi maka pembuatan dan pengembangannyapun akan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Keberadaannya pun akan dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Apabila membuat blog hanya sekedar sensasi dan hanya mengikuti sebuah trend maka keberadaannya hanya sesaat saja dan tidak bertahan lama karena ditinggal oleh pemiliknya yang sudah merasa malas untuk mengisi konten terbaru. ::. 

9 komentar

  1. Asis Sugianto  

    13 Februari 2011 11.08

    wah kalau saya sob,, membuat blog untuk berbagi dengan orang lain, yah hitung-hitung berbagi ilmu sob,,,

  2. Sang Petualang Internet  

    14 Februari 2011 11.38

    Mantap...Kunjungan Balik ya Gan!!!!

  3. gussalim  

    15 Februari 2011 00.14

    Semoga sukses dan bahagia menjadi blogger.Amiin

  4. Willyo Alsyah P. Isman  

    19 Februari 2011 08.52

    gerilya pagi2 disini...
    bagi ku blog tempat tuk menyaurkan apa yg ada dlm otak.

    selamat weekand

  5. tiFa.was.here  

    19 Februari 2011 13.33

    aku suka ngeblog karena emang sebagai lahan penyaluran isi otak :D
    dan pasti ga bakalan copas ama yang lain,,kalopun ngutip pasti nyantumin sumber..hohoho

  6. Ladida  

    24 Februari 2011 10.49

    bagi saya, blog adalah hobby , .

    thanks atas sharingnya

  7. Mohammad Aulia Rachman  

    1 Maret 2011 18.33

    blog bagi saya bisa dibilang "rumah kedua" :)
    and see my "second house" too :)

  8. brataaaa18  

    2 Maret 2011 11.00

    wah, dibilang hobi juga bisa, dibilang sensasi dikit kali yah :D haha
    bener juga yg dibilang mas bro asis, itung2 berbagi ilmu :D

  9. Dwi Fals Airbrush Pontianak  

    12 Oktober 2011 04.47

    baru mulai ngeblog nih,,, bagi2 pengalaman dongg

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Rekomendasi Bisnis

  • PT. Technopreneur Indonesia
  • Cari Jodoh
  • Bisnis Modal Ringan