Get Adobe Flash player

Pola Transaksi Secara Online

Transaksi Secara Online


Kemudahan dalam beberapa transaksi mulai dirasakan oleh beberapa kalangan masyarakat pada saat ini karena banyak layanan dari beberapa instansi atau perusahaan yang memanfaatkan keberadaan internet. Dengan adanya internet beberapa transaksi memungkinkan untuk dilakukan secara online karena lebih praktis, efektif, dan efisien.


Perkembangan ini disambut baik oleh masyarakat dengan memanfaatkan layanan pembayaran beberapa rekening yang dimiliki, seperti rekening listrik, telepon, dan lain-lain. Hal ini sudah menjadi kebiasaan pada masa sekarang dimana segala sesuatunya serba instant.

Namun kebalikan dari itu, masih juga ada keragu-raguan yang dimiliki oleh masyarakat yang belum terbiasa dengan kegiatan transaksi secara online karena kebanyakan dari mereka tidak percaya dan masih belum mengetahui bagaimana pola transaksi secara online tersebut.

Atas dasar ketidaktahuan inilah yang menyebabkan masyarakat enggan untuk melakukan transaksi secara online karena masih kurang familier dengan dunia online. Hal ini tentunya wajar karena sebagai bangsa yang sedang berkembang masih butuh waktu untuk mensosialisasikannya.

Sebagaimana kita ketahui pola transaksi pembayaran rekening listrik yang ada adalah menggunakan nomor ID Rekening listrik yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan yang sudah terintegrasi dengan database pusat dan sudah ditentukan oleh PLN sehingga tidak terjadi ID ganda. Apabila ingin melakukan transaksi dengan PLN, entah melakukan pembayaran atau hanya sekedar mengecek jumlah tagihan yang harus dibayar dapat menggunakan ID tersebut.

Transaksi secara online tidak saja berkembang pada instansi atau perusahaan saja, akan tetapi pada dunia perdagangan individupun sudah mulai menerapkan model transaksi tersebut dengan semakin banyaknya toko-toko online yang menyediakan berbagai macam produk, mulai dari elektronik, alat rumah tangga, maupun yang lainnya.

Rata-rata model transaksi pada toko online tersebut hampir sama yakni pembeli yang ingin membeli suatu barang akan leluasa dalam melihat gambar produk yang disertai dengan keterangan tentang produk itu sendiri sehingga pembeli dapat mempertimbangkannya sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.

Apabila terdapat kecocokan terhadap barang yang diminati termasuk harganya, maka pembeli dapat melakukan pemesanan dengan cara menekan tombol pemesanan yang sudah disediakan. Setelah itu akan ditindaklanjuti dengan tata cara pembayaran yang harus dilakukan. Umumnya pembeli akan diberitahu nomor rekening suatu bank sebagai tujuan pembayaran beserta nominal yang harus dibayar oleh pembeli.

Setelah pembeli melakukan pembayaran melalui transfer kepada nomor rekening yang telah disebutkan, maka pembeli akan melakukan konfirmasi kepada penjual bahwa pembeli telah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang dibelinya.

Hal ini dilakukan agar penjual dapat mengetahui dan memastikan dengan mengeceknya pada rekening yang dimaksud. Apabila nilai transfer sudah masuk maka penjual akan mengirimkan barang yang dipesannya melalui jalur darat, entah itu pengiriman dilakukan sendiri atau melalui jasa travel.

Dari sini dapat dikatakan bahwa transaksi secara online sangat dibutuhkan kejujuran dan itikat saling percaya karena apabila tidak dilandasi dengan hal tersebut maka transaksi secara online tidak dapat tercapai.

Tentunya para penjual dan pembeli harus sadar bahwa suatu transaksi yang dilakukan dengan tidak jujur maka akan berdampak pada diri dan kehidupannya kelak. ::. 

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Rekomendasi Bisnis

  • PT. Technopreneur Indonesia
  • Cari Jodoh
  • Bisnis Modal Ringan